Kuliah Perilaku Konsumen



Nana Firmansyah (C24120078)

 Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan (www.msp.fpik.ipb.ac.id)
Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (www.fpik.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)

Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class )
Departement of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
Collage of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA
Dr. Ir. Megawati simanjuntak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md djamaluddin, MSc

Perilaku konsumen (IKK233) merupakan salah satu mata kuliah yang diasuh oleh departemen Ilmu Konsumen dan Keluarga, fakultas ekologi manusia, Institut Pertanian Bogor. Mata kuliah perilaku konsumen mempelajari proses pengambilan keputusan dalam memilih, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi barang dan jasa serta faktor-faktor (internal dan eksternal) yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan tersebut. Mata kuliah ini diasuh oleh Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc;  Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MFSA; Ir. Retnaningsih, M.Si; Ir. M. D. Djamaludin, M.Sc; Dr. Ir. Megawati Simanjuntak, Msi.
Kuliah pertama perilaku konsumen hari Kamis tanggal 3 September 2015, belajar tentang pengenalan Pendahuluan, Motivasi dan Kebutuhan (materi kuliah ada di buku Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran karya Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc.), dalam Bab Pendahuluan, dijelaskan tentang konsumen dan perilaku konsumen. Konsumen adalah seseorang yang mengkonsumsi barang atau jasa. Sedangkan perilaku konsumen adalah perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.
Motivasi dan kebutuhan merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen. Motivasi adalah dorongan yang ada pada seseorang yang menyebabkan seseorang melakukan aksi. Motivasi muncul akibat ada kebutuhan yang tidak terpenuhi. Kebutuhan/keinginan ini muncul dari dalam diri sendiri atau dari faktor luar. Ada beberapa teori tentang kebutuhan diantaranya teori Maslow dan teori Mc Clelland. Teori Maslow mengemukakan lima kebutuhan manusia berdasarkan tingkat kepentingannya mulai daari yang paling rendah, yaitu kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan ego, dan kebutuhan aktualisasi diri. Sedangkan teori Mc Clelland mengemukakan bahwa ada tiga kebutuhan dasar yang memotivasi seseorang individu untuk berperilaku yaitu, kebutuhan untuk sukses (needs for achievement), kebutuhan untuk afiliasi (need for affiliation), dan kebutuhan kekuasaan (needs for power).
Ada kekurangan dari kedua teori tersebut, diantaranya teori Mc Clelland hanya ada tiga kebutuhan manusia, kebutuhan tersebut tidak sekomplek kebutuhan Maslow. Menurut saya, teori Maslow juga memiliki kekurangan yaitu kebutuhan tersebut tidak harus berurutan, karena sesorang tidak harus melakukan kebutuhan sesuai dengan urutan yang ditetapkan oleh teori Maslow. Selain itu, teori Maslow dan teori Mc Clelland memiliki kekurangan yaitu tidak menyantumkan kebutuhan rohani, karena kebutuhan rohani merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh manusia agar lebih dekat dengan penciptaNya.

Komentar

Posting Komentar