Soal-soal 2


Hai gans lanjutan dari yang tadi bab 4 - 6 :)

BAB IV


      1.             Suatu system yang cukup tegas mengenai hubungan-hubungan disebut . . .
a.       Penegasan struktur kelompok
b.      motif-motif kelompok
c.       kreasi dan kecakapan kelompok
d.      hipotesis eksperimen
e.       jalan eksperimen

      2.            Persyaratan atau factor pembentukan kelompok social kecuali . . .
a.       setiap anggota kelompok harus menyadari bahwa dirinya merupakan anggota
b.      ada hubungan timbal balik
c.       kelompok itu berstruktur
d.      kelompok itu bersistem dan berproses terus menerus
e.       keinginan untuk menjadi Satu dengan manusaia lain dalam masyarakat

      3.            kambing hitam disebut . . .
a.       scapegoating
b.      social group
c.       spacesnake
d.      moksa
e.       ingroup

      4.            dalam eksperimen ada … fase
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5

      5.            tujuan eksperimen memiliki . . . hipotesis
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5

      6.            manusia hidup berkelompok ksrens mempunyai naluri untuk hidup bersama, disebut . . .
a.       social animal
b.      social plants
c.       homo social
d.      homo sapiens
e.       zoon poloticon

      7.            kelompok terkecil dalam suatu masyarakat adalah
a.       keluarga
b.      sekolah
c.       pengajian
d.      komunitas
e.       masyarakat

      8.            kelompok social yang terbentuk secara alami kecuali . . .
a.       marga
b.      suku bangsa
c.       masyarakat
d.      Negara
e.       komunitas

      9.            kelompok social yang dibentuk secara sengaja, kecuali . . .
a.       lembaga
b.      organisasi
c.       perkumpulan
d.      masyarakat
e.       Negara

  10.            Manusia diciptakan tuhan Yang Maha Esa menyandang dua predikat yaitu makhluk individu dan  . . .
a.       Sosial
b.      Tuhan
c.       Beradab
d.      Ekonomi
e.       Politik





BAB V

1.      Kehidupan kolektif bersama-sama yang anggotanya diikat oelh hubungan batin yang murni disebut . . .
a.       Paguyuban
b.      kelompok primer
c.       kelompok skunder
d.      kelompok tersier
e.       In-Group

2.      nama lain kelompok primer adalah . . .
a.       face to face group
b.      secondary group
c.       tarsier group
d.      in-group
e.       out-group

3.       nama lain kelompok skunder adalah . . .
a.       face to face group
b.      secondary group
c.       tarsier group
d.      in-group
e.       out-group

4.      kelompok social yang individu-individunya mengidentifikasikan dirinya dengan kelompoknya disebut . . .
a.       face to face group
b.      secondary group
c.       tarsier group
d.      in-group
e.       out-group

5.      kelompok social yang oleh individu-individu diartikan sebagai mush keompoknya, disebut . .
a.       face to face group
b.      secondary group
c.       tarsier group
d.      in-group
e.       out-group

6.      nama lain paguyuban adalah . . .
a.       face to face group
b.      secondary group
c.       gemeinschaft
d.      in-group
e.       out-group

7.      hokum-hukum yang bersifat menekan adalah . . .
a.       repressive
b.      koersif
c.       restitutif
d.      persuasive
e.       interaktif

8.      Hukum yang bersifat memulihkan disebut . . .
a.       repressive
b.      koersif
c.       restitutive
d.      persuasive
e.       interaktif

9.      menurut tonnies, kelompo primer lebih bersifat . . .
a.       rigid
b.      kaku
c.       kolekyif
d.      objektif
e.       subjektif

10.  konsep solidaritas mekanik dan organic dikemukakan oleh . . .
a.       Durkheim
b.      f. tonnies
c.       CH. Cooley
d.      E. Farris
e.       WG summer



BAB VI

      1.            Keseluruhan gerak, kebiasaan, tata cara, gagsan, dan nilai-nilai yang dipelajari dekemukakan oleh . . .
a.       Koerber
b.      Kluckhohn
c.       Ki hajar dewantara
d.       Taylor
e.       Ir. Sukarno

      2.            pola prilaku eksplisit dan implicit yang mempelajari dan diwariskan melalui symbol, dikemukakan oleh . . .
a.       Koerber
b.      Kluckhohn
c.       Ki hajar dewantara
d.       Taylor
e.       Ir. Sukarno

      3.            Budaya yang berkembang didaerah-daerah merupakan milik suku-suka bangsa nusantara  disebut . . .
a.       budaya local
b.      budaya tradisional
c.       budaya internasional
d.      budaya nasional
e.       budaya adat

      4.            Sumua hasil karya cipta, rasa, dan karsa manusia, diekemukakan oleh . . .
a.       Koerber
b.      Kluckhohn
c.       Ki hajar dewantara
d.       Taylor
e.       Ir. Sukarno

      5.            keseluruhan kompleksitas yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, yang mempelari manusia sebagai anggota masyarakat, dikemukakan oleh . . .
a.       Koerber
b.      Kluckhohn
c.       Ki hajar dewantara
d.       Taylor
e.       Ir. Sukarno

      6.            kebudayaan yang terbentuk dari keseluruhan budaya local yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Indonesia hasil terapan dari anasir budaya asing atau budaya global. disebut . . .
a.       budaya local
b.      budaya tradisional
c.       budaya internasional
d.      budaya nasional
e.       budaya adat

      7.            yang merupakan Unsur-unsur budaya, kecuali . . .
a.       kepercayaan
b.      kekerabatan dan organisasi social
c.       peralatan hidup
d.      mata pencaharian
e.       bahasa

      8.            Pola kehidupan suatu kelompok masyarakat yang bersifat dan bercirikan kekeluargaan, disebut . . .
a.       system kekerabatan
b.      organisasi social
c.       mata pencaharian
d.      peralatan hidup
e.       alat produksi

      9.            Perkumpulan yang dibentuk oleh masyarakat dalam rangka mencapai tujuan dan kepentingan bersama disebut . . .
a.       system kekerabatan
b.      organisasi social
c.       mata pencaharian
d.      peralatan hidup
e.       alat produksi

  10.            Upacara pembvakaran mayat yang dilakukan oleh penganut agama hindu, disebut . . .
a.       Ngaben
b.      batapung tawarmaayun
c.       era-era tukuray
d.      brokohan
e.       moksa

Komentar